Selasa, 11 Juni 2013

IPS - Tujuan Pendidikan IPS


1.      Menurut anda apakah tujuan Pendidikan IPS itu ?
Jawaban
Ilmu Sosial merupakan basic learness yang diterapkan pada SD untuk menumbuhkan pola pikir awal bermasyarakat dan bersosial. Tujuan IPS untuk  mengembangkan potensi peserta didik agar mampu bertahan dan memiliki antisipasi terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala kekurangan yang terjadi dan melatih keterampilan untuk mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari.

2.      Sementara itu menurut Koentjaraningrat kebudayaan itu mempunyai 3 wujud. Jelaskan dan beri salah 1 contoh unsur Kebudayaan tersebut..!
Jawaban
a.       Wujud Kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat.
b.      Wujud Kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan sebagainya.
c.       Wujud Kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Contohnya: Peninggalan sejarah berupa bangunan dan bukti-bukti sejarah, Rumah Adat, Pakaian Adat, dan lain lain.

3.      Di Indonesia harus di kembangkan teknologi untuk memecahkan masalah yang timbul. Cobalah anda jelaskan macam-macam teknologi..!
Jawaban:
a.       HandPhone yang dahulu hanya bisa berfungsi sebagai telepon saja sekarang mulai dikembangkan dengan perlengkapan dan perangkat yang lebih canggih agar dapat memultifungsikan manfaat HP tersebut, tak hayal jikalau jaman sekarang HP dapat menggantikan posisi computer. Handphone yang dahulu merupakan kebutuhan tersier sekarang sudah menjadi kebutuhan primer dalam aktivitas kehidupan.
b.      Komputer, Jaman dahulu kita mengenal mesin ketik manual namun sekarang kita dapat menggunakan computer dalam melakukan pekerjaan tersebut, pada system computer windows7vista, kita hanya bisa menggunakan keyboard dan touchscreen sedangkan sekarang windows8 sudah opensource public dan pada system operasi tersebut kita dapat menggunakan GazeScreen (hanya dengan melirik dan berkedip) dan MindScreen (Hanya Institusi penting yang memiliki perangkat ini).
c.       Trasportasi, banyak perkembangan pada era kuno ke era modern yaitu pada transportasinya, dahulu kita menggunakan tenaga makhluk hidup, dan sekarang kita menggunakan bahan bakar namun esok hari kita merencanakan menggunakan bahan bakar gas, kalor matahari dan makhluk organic lainnya.
d.      Saat ini, Android (Sistem Operasi Komputer) banyak dipakai sebagai system operasi smartphone dan komputer tablet. Namun di masa depan, visi Android akan jadi OS di perangkat rumah tangga seperti kulkas atau mungkin pula mesin cuci. Visi itu pernah diungkapkan Chairman Google, Eric Schmidt di perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2012. Dengan Android, perangkat rumah tangga bias berkomunikasi satu sama lain. Perangkat pun bias melakukan berbagai hal sesuai keinginan pengguna.
e.      Teknologi Masa Depan versi Google (Mobil otomatis) Sektor kendaraan pun menjadi garapan Google. Google telah memodifikasi mobil Toyota Prius yang bias berjalan otomatis tanpa bantuan pengemudi. Mobil ini menggunakan sensor dan kamera video untuk mendeteksi lalu lintas, termasuk kemacetan, jalan singkat dari titik ketitik tertentu di peta. Sistem berkendara seperti ini diklaim mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan kelalaian pengendaranya.
Televisi, dahulu televise hanya bisa berfungsi jika dilengkapi antena dan parabola pencari sinyal, namun sekarang televise dapat mencari program sinyal sendiri sebab dalam TV tersebut terdapat microantena dan tidak menggunakan remote lagi melainkan menggunakan GazeScreen (TV SAMSUNG), pada gazescreen kita hanya hanya menggerakkan tangan kita pada arah kamera sensor di atas TV tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar