Senin, 24 Juni 2013

PEMBELAJARAN BERBICARA

PEMBELAJARAN BERBICARA

Berbicaraadalahkegiatanberbahasakedua yang dilakukanmanusiadalamkehidupanberbahasa, yaitusetelahkegiatanmendengarkan.Berdasarbunyi-bunyibahasa yang didengarnyaitulahkemudianmanusiabelajarmengucapkandanakhirnyamampuberbicara.Untukdapatberbicaradalamsuatubahasasecarabaik, pembicaraharusmenguasailafal, struktur, dankosakata yang bersangkutan. Di sampigitudiperlukanjugapenguasaanmasalahdangagasan yang akandisampaikan, sertamampumemahamibahasalawanbicara.Kegiatanberbicaradiperlukanpenguasaanlambangbunyi yang baikuntukkeperluanmenyampaikanmaupunmenerimagagasan.Lambang yang berupatanda-tanda visual seperti yang dibutuhkandalamkegiatanmembacadanmenulistidakdiperlukan.Itulahsebabnya orang yang butahuruf pun dapatmelakukanaktivitasberbicarasecarabaik.Kenyataaninimembuktikanbahwapenguasaanbahasalisan (bicara) lebihfungsionaldalamkehidupanseharihari.Konsepdasarberbicarapadadasarnyamencakupsembilankomponen,sebagaiberikut.

1. Berbibacaradanmenyimakadalahduakegiatanresiprokal
2. Berbicaraadalah proses inidividuberkomunikasi
3. Berbicaraadalahekpresikreatif
4. Berbicaraadalahtingkahlaku
5. Berbicaraadalahtingkalaku yang dipelajari
6. Berbicaradipengaruhikekayaanpengalaman
7. Berbicarasaranamemperluascakrawala
8. Kemampuanlinguistikdanlingkunganberkaitanerat
9. Berbicaraadalahpancaranpribadi.

Ada limalandasan yang digunakandalammengklasifikasibicara, yakni: 1.situasi, 2. tujuan, 3. metodepenyampaian, 4. jumlahpendengar, dan 5.peristiwakhusus. Berdasarkanhalitu, makaberbicaradilihatdarifungsionaldanmemperhatikanjumlahpembicaranya, sertakonsepdasarberbicara, makajenis-jenisbicaradapatdilihat, sebagaiberikut.
a. Berbicaraberdasarkantujuannya.
1. Berbicaramemberitahukan, melaporkandanmenginformasikan
2. Bicaramembujuk, mengajak, meyakinkan
3. Bicaramenghibur

b. Berbicaraberdasarkansituasinya
1. Berbicara formal
2. Berbicara informal

c. Berbicaraberdasarkancarapenyampaiannya
1. Berbicaramendadak
2. Berbicaraberdasarkancatatan
3. Berbicaraberdasakanhafalan
4. Berbicaraberdasarkannaskah

d. Berbicaraberdasarkanjumlahpendengarnya
1. Berbicaraantarpribadi
2. Berbicaradalamkelompokkecil( 3 – 5 orang)
3. Berbicaradalamkelompokbesar.

Mata pelajaranBahasa Indonesia diajarkanbertujuan agar pesertadidikmemiliki
kemampuansebagaiberikut.

1.      Berkomunikasisecaraefektifdanefisiensesuaidenganetika yang
berlaku, baiksecaralisanmaupuntulis
2.      Menghargaidanbanggamenggunakanbahasa Indonesia sebagai
bahasapersatuandanbahasanegara
3.      Memahamibahasa Indonesia danmenggunakannyadengantepatdan
kreatifuntukberbagaitujuan
4.      Menggunakanbahasa Indonesia untukmeningkatkankemampuan
intelektual, sertakematanganemosionaldansosial
5.      Menikmatidanmemanfaatkankaryasastrauntukmemperluas
wawasan, memperhalusbudipekerti, sertameningkatkanpengetahuan
dankemampuanberbahasa
6.      Menghargaidanmembanggakansastra Indonesia sebagaikhazanah
budayadanintelektualmanusia Indonesia.

Untukmencapaitujuantersebut, guru dapatmenggunakanbahanpembelajaranberbicara, misalnya:
a) menceritakanpengalaman yang mengesankan,
b) menceritakankembaliapa yang pernahdidengar,
c) mengungkapkanpengalamanpribadiatauberdasarkanbacaan yangdibaca,
d) bermainperan (sosiodrama),
e) berpidato.,
f) wawancara, dan
g) diskusi

Untukmemantaukemajuansiswadalamberbicara, guru dapatmelakukandanmengamatiketikasedangmelaksanakankegiatandiskusikelompok, tanyajawab, dansebagainya. Pengamatandapatdilakukandenganmenggunakanformat yang telahdisiapkansebelumnya.Aspek-aspek yang diamatisebagaidasarpemantauankemampuanberbicarasiswaadalahmengucapkandenganbenar kata, kalimat yang diartikulasikan, intonasikalimat, tatabahasa,kefasihanbicaradanpemahaman.Bobotpenilaiandalamkeempataspekitubiasanyamengacupadatingkatkesulitandankefasihan, sepertipadaartikulasidanintonasi.

Faktor yang mempengaruhikeberhasilanberbicara ,yaitu:
(1) pembicara, dan
(2) pendengar.
Pembicarameliputipokokpembicaraan, metode, bahasa,tujuan, sarana, daninteraksi.Keduafaktortersebutakanmenentukanberhasilatautidaknyakegiatanberbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar