PEMBELAJARAN BERBICARA
Berbicaraadalahkegiatanberbahasakedua
yang dilakukanmanusiadalamkehidupanberbahasa,
yaitusetelahkegiatanmendengarkan.Berdasarbunyi-bunyibahasa yang
didengarnyaitulahkemudianmanusiabelajarmengucapkandanakhirnyamampuberbicara.Untukdapatberbicaradalamsuatubahasasecarabaik,
pembicaraharusmenguasailafal, struktur, dankosakata yang bersangkutan. Di
sampigitudiperlukanjugapenguasaanmasalahdangagasan yang akandisampaikan,
sertamampumemahamibahasalawanbicara.Kegiatanberbicaradiperlukanpenguasaanlambangbunyi
yang baikuntukkeperluanmenyampaikanmaupunmenerimagagasan.Lambang yang
berupatanda-tanda visual seperti yang dibutuhkandalamkegiatanmembacadanmenulistidakdiperlukan.Itulahsebabnya
orang yang butahuruf pun
dapatmelakukanaktivitasberbicarasecarabaik.Kenyataaninimembuktikanbahwapenguasaanbahasalisan
(bicara)
lebihfungsionaldalamkehidupanseharihari.Konsepdasarberbicarapadadasarnyamencakupsembilankomponen,sebagaiberikut.
1. Berbibacaradanmenyimakadalahduakegiatanresiprokal
2. Berbicaraadalah proses
inidividuberkomunikasi
3.
Berbicaraadalahekpresikreatif
4. Berbicaraadalahtingkahlaku
5. Berbicaraadalahtingkalaku
yang dipelajari
6. Berbicaradipengaruhikekayaanpengalaman
8.
Kemampuanlinguistikdanlingkunganberkaitanerat
9.
Berbicaraadalahpancaranpribadi.
Ada limalandasan
yang digunakandalammengklasifikasibicara, yakni: 1.situasi, 2. tujuan, 3.
metodepenyampaian, 4. jumlahpendengar, dan 5.peristiwakhusus.
Berdasarkanhalitu,
makaberbicaradilihatdarifungsionaldanmemperhatikanjumlahpembicaranya,
sertakonsepdasarberbicara, makajenis-jenisbicaradapatdilihat, sebagaiberikut.
a.
Berbicaraberdasarkantujuannya.
1. Berbicaramemberitahukan,
melaporkandanmenginformasikan
2. Bicaramembujuk, mengajak,
meyakinkan
3. Bicaramenghibur
b.
Berbicaraberdasarkansituasinya
1. Berbicara formal
2. Berbicara informal
c.
Berbicaraberdasarkancarapenyampaiannya
1. Berbicaramendadak
2. Berbicaraberdasarkancatatan
3. Berbicaraberdasakanhafalan
4. Berbicaraberdasarkannaskah
d.
Berbicaraberdasarkanjumlahpendengarnya
1. Berbicaraantarpribadi
2.
Berbicaradalamkelompokkecil( 3 – 5 orang)
3.
Berbicaradalamkelompokbesar.
Mata pelajaranBahasa Indonesia
diajarkanbertujuan agar pesertadidikmemiliki
kemampuansebagaiberikut.
1. Berkomunikasisecaraefektifdanefisiensesuaidenganetika
yang
berlaku, baiksecaralisanmaupuntulis
2. Menghargaidanbanggamenggunakanbahasa Indonesia sebagai
bahasapersatuandanbahasanegara
3. Memahamibahasa Indonesia danmenggunakannyadengantepatdan
kreatifuntukberbagaitujuan
4. Menggunakanbahasa Indonesia untukmeningkatkankemampuan
intelektual, sertakematanganemosionaldansosial
5. Menikmatidanmemanfaatkankaryasastrauntukmemperluas
wawasan, memperhalusbudipekerti,
sertameningkatkanpengetahuan
dankemampuanberbahasa
6. Menghargaidanmembanggakansastra Indonesia
sebagaikhazanah
budayadanintelektualmanusia Indonesia.
Untukmencapaitujuantersebut,
guru dapatmenggunakanbahanpembelajaranberbicara, misalnya:
a) menceritakanpengalaman yang
mengesankan,
b) menceritakankembaliapa yang
pernahdidengar,
c)
mengungkapkanpengalamanpribadiatauberdasarkanbacaan yangdibaca,
d) bermainperan (sosiodrama),
e) berpidato.,
f) wawancara, dan
g) diskusi
Untukmemantaukemajuansiswadalamberbicara,
guru dapatmelakukandanmengamatiketikasedangmelaksanakankegiatandiskusikelompok,
tanyajawab, dansebagainya. Pengamatandapatdilakukandenganmenggunakanformat yang
telahdisiapkansebelumnya.Aspek-aspek yang diamatisebagaidasarpemantauankemampuanberbicarasiswaadalahmengucapkandenganbenar
kata, kalimat yang diartikulasikan, intonasikalimat,
tatabahasa,kefasihanbicaradanpemahaman.Bobotpenilaiandalamkeempataspekitubiasanyamengacupadatingkatkesulitandankefasihan,
sepertipadaartikulasidanintonasi.
Faktor yang
mempengaruhikeberhasilanberbicara ,yaitu:
(1) pembicara, dan
(2) pendengar.
Pembicarameliputipokokpembicaraan,
metode, bahasa,tujuan, sarana,
daninteraksi.Keduafaktortersebutakanmenentukanberhasilatautidaknyakegiatanberbicara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar