Macam-Macam Permainan Tanpa Media
1.
Lari
cepat
·
Siapkan garis start dan garis finish yang
berjarak ┴ 5 meter
·
Setelah itu masing-masing peserta bersiap
menganbil posisi di garis start
Peserta =>
Garis Finish Garis Start
·
Dalam hitungan ke 3 mereka harus berlari menuju
garis finish yang sudah di tentukan
·
Dengan aba-aba : 1(bersiap, dengan posisi lutut
kaki kiri menyentuh tanah), 2(bersedia, dengan posisi mengangkat lutut), 3(dan
bersiap untuk lari)
·
Dalam permainan ini siapa yang lebih cepat
sampai pada garis finish, itu artinya peserta tersebut memenangkan permainan
2.
Kupu-kupu
hinggap di bunga di kejar lebah
·
Sediakan gulungan kertas sebanyak 20 gulungan,
masing-masing gulungan berisi tulisan “Bunga”, “Kupu-kupu”, dan “Lebah”
·
Peserta diwajibkan memilih dan mengambil 1
gulungan kertas saja
·
Kemudian peserta dipilah-pilah sesuai tulisan
gulungan yang sudah mereka pilih. Bagi yang mendapatkan gulungan Bunga mereka
akan berbaris membentuk sebuah lingkaran dan barisannya terdiri dari 2 anak
yang berbaris.
·
Kupu-kupu berlarian di dalam pusat lingkaran
yang di dalamnya juga terdapat lebah. Kupu-kupu berlari dan jangan sampai di
tangkap lebah
·
Kupu-kupu setiap saat bias hinggap di bunga.
Misalnya kupu-kupu tersebut hinggap di barisan bunga yang berpasangan, maka
bunga pada bagian depan harus berlari menggantikan kupu-kupu dan bunga yang
semula pada posisi barisan ke2 akan menjadi bunga pertama sehingga kupu-kupu
yang hinggap itu menjadi bunga ke2. Begitu seterusnya
·
Jika kupu-kupu di tangkap lebah, maka kupu-kupu
tersebut kalah dan mendapatkan hukuman
3.
Thinking
Eror
·
Bagi 2 kelompok masing-masing 10 anak maksimal
·
Setelah itu anggota kelompok berbaris melebar
berhadap-hadapan dengan kelompok lawannya
Kel.A
Yang
memberi aba-aba
Kel.B
·
Cara permainan ini, ada 1orang yang memberi
aba-aba atau instruksi untuk ke20 anak tersebut
·
Tetapi yang harus di lakukan semua peserta ialah
kebalikan dari semua perintah yang di instruksikan. Misalnya: jika aba-aba
belok kanan, mereka harus belok kiri, dll
·
Kelompok yang paling sedikit anggotanya, itulah
kelompok yang kalah dan wajib mendapatkan hukuman
4.
Pancasila
5 dasar
·
Bagi kelompok menjadi 2 masing-masing 5 anak
·
Dalam permainan ini 2 kelompok tersebut saling
berhadapan
Kel.A
memilih nama Buah
Kel.B
memilih nama Hewan
·
Caranya masing-masing kelompok memilih katagori
hewan atau buah
·
Kelompok A misalnya memilih menyebutkan nama
buah, dan kelompok B menyebutkan nama hewan
·
Di mulai dari peserta pertama dari kelompok A
mereka menyebutkan abjab A, B, C, D, ….
Dan seterusnya sampai ada
peserta yang menyebutkan “BUAH” jadi peserta selanjutnya harus menyebutkan nama
buah dari abjab sebelumnya yang di sebutkan oleh peserta sebelumnya, misalnya
abjab yang terakhir ialah abjad “D” jadi yg di sebutkan buah Durian. Begitu
seterusnya
·
Dan begitu juga pada kelompok B hanya bedanya
kelompok B menyebutkan nama Hewan
·
Kelompok yang paling sedikit, akan mendapatkan
hukuman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar