BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar belakang
Kualitas
pendidikan dalam pembelajaran sangatlah penting. Kami akan membahas dan
mempelajari klasifikasi strategi pembelajaran secara sederhan. Klasifikasi di artikan adalah pengelompokan,
strategi di artikan adalah suatu raangkaian rencana kegiatan. Dalam klasifikasi
strategi pembelajaran secara sederhana terdapat beberapa cara dasar klasifikasi
strategi pembelajaran secara sederhana. Dalam berbagai dasar klasifikasi
tersebut di samping bermanfaat sebagai kerangka acuan untuk memahami dengan
lebih baik setiap strategi pembelajaran.
Pentingnya
dalam suatu proses pembelajaran maka
pendidikan harus bisa memilih dan menentukan cara yang tepat untuk proses
pembelajaran.
1.2.
Rumusan masalah
1. Apa
saja dasar klasifikasi strategi pembelajaran secara sederhana?
2. Apa
saja bentuk model pembelajaran secara sederahana?
3. Apa
yang di maksud dengan pengertian strategi pembelajaran secara sederhana?
1.3.Tujuan
1. Mengetahui
dasar klasifikasi strategi pembelajaran secara sederhana.
2. Mengetahui
model pembelajaran secara sederha.
3. Mengetahui
pengertian dari strategi pembelajaran secara sederhana.
2.1. Pengertian strategi
pembelajaran secara sederhana.
Pengertian
diartikan sebagai barang atau benda tiruan dari benda yang sesungguhnya,
seperti globe adalah model dari bumi, replica pesawat terbang yang biasa
dipajang di travel/biro-biro perjalanan adalah model dari pesawat terbang, dsb.
Secara khusus istilah “model” diartikan sebagai kerangka konseptual yang
digunakan dalam melakukan sesuatu kegiatan. Dengan mengacu kepada pengertian
khusus tersebut, model pembelajaran, menurut Joyce dan Weil (1986) adalah
“kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan
berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar
dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran”.
Pada
strategi pembelajaran tertutup, semua komponen pembelajaran seperti penentuan
tujuan, materi/media/sumber-sumber belajar serta prosedur/langkah-langkah pembelajaran
yang akan ditempuh/dilaksanakan di kelas, semuanya telah dirancang/dilakukan
secara ketat oleh guru tanpa melibatkan siswa.. Dalam pada itu, pada strategi
pembelajaran terbuka siswa diberi peluang/kesempatan untuk memberikan urunan
dalam merancang/menentukan komponen-komponen pembelajaran termasuk dalam
menentukan prosedur/langkah-langkah pembelajaran sementara pembelajaran
berlangsung. Dari segi tujuan belajar, Robert Gagne (1984) mengelompokkan
kondisi-kondisi belajar (sistem lingkungan belajar) sesuai dengan tujuan-tujuan
belajar yang ingin dicapai.
2.2. Dasar klasifikasi strategi
pembelajaran secara sederhana.
Dasar klasifikasi adalah kreteria atau titik tolak yang di
gunakan utnuk mengolah sesuatu.
1.
Pengaturans guru dan
siswa.
Ø Pengaturan
guru strategi pembelajaran oleh guru dan tim guru.
Ø Hubungan
guru dan siswa.
a.
Strategi pembelajaran
tatap muka adalah pembelajaran dimana guru dan siswa berada dalam satu ruangan
dengan interaksi pembelajaran.
b.
Strategi jarak jauh
adalah pembelajaran dimana guru dan siswa tidak berada dalam suatu ruang kelas
sehingga interaksi pembelajaran menggunakan media.
Ø Pengaturan
siswa.
a.
Strategi pembelajaran
individual yaitu pembelajaran yang di organisir secara individual.
b.
Strategi pembelajaran
kelompok kecil yaitu pembelajaran dimana siswa-siswi di organisir dalam
kelompok kecil.
c.
Strategi pembelajaran
klasikal yaitu pembelajaran dimana sejumlah siswa di asumsikan memiliki usia
dan kemampuan yang relatif sama di kumpulkan dalam suatu kelas.
2.
Pengolahan pesan
Ø Perana
guru mengolah pesan.
a.
Strategi ekspositorik
yaitu strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada guru dalam arti semua
peran pembelajaran telah di olah dalm bentuk barang jadi oleh guru untuk
selanjutnya di sampaikan kepada murid.
b.
Strategi hearustik
merupakan strategi pembelajaran yang menghendaki siswa untuk lebih aktif dalm
proses pngolahan pesan-pesan belajar.
Ø Proses
pengulahan pesan
a.
Strategi deduktif
adalah strategi pembelajaran dengan proses pengolahan pesan yang berlangsung
yang bersifat umum ke sifat khusus.
b.
Strategi induksi adal
strategi pemblajaran dengan proses pengolahan pesan yang berlangsung yang
bersifat khusus ke sifat umum.
Ø Struktur
peristiwa belajar mengajar.
berdasarkan struktur peristiwa pembelajaran
dapat di bedakan atas pembelajarn
tertutup dan pembelajaran terbuka.
Ø Tujuan
pembelajaran.
Tujuan pembelajaran
menurut Robert Gagne (1984) di bagi.
a.
Informasi verbal yaitu
kemampuan untuk mengakari kembali secar verbal pengetahuan yang telah di
milikinya.
b.
Kecakapan intelektual
menunjukkan kepada kemampuan untuk berhubungan dengan lingkungan hidup.
c.
Strategi kognitif
menunjukkan kepada kemapuan proses pelajar dan mengolah proses berfikir.
d.
Ketrampian motorik menunjuk
kepada kemampuan untuk melakukan rangkaian gerak gerik jasmani.
e.
Sikap dan nilan
menunjukkan kepada kemampuan internal sangant berperan dan menentukan untuk
bertindak.
2.3. Model
pembelajaran.
Berdasarkan
karakteristik setiap model pembelajaran, Joyce dan Weil mengklasifikasikan
model-model pembelajaran dan empat rumpun model.
a. Rumpun
model pengulahan informasi.
Model ini menekan pada peserta didik agar
memilih kemempuan untuk memproses informasi sehingga peserta didik berhasil
dalam belajar adalah yang memiliki kemampuan dan memproses informasi terdapat
tujuh model pembelajaran, yaitu:
1. Pencapaian
konsep
2. Berpikir
induktuif
3. Latihan
penelitian
4. Pemandu
awal
5. Memorisasi
6. Pengembangan
intelek
7. Penelitian
ilmiah
b. Rumpun
model personal.
Model ini memutuskan pada
pandangan perseorangan dan berusaha menggalakan kemandirian yang produktif
sehinga manusia menjadi semakin sadar. Terdapat empat model pembelajara.
1. Pengajaran
tanpa arahan
2. Model
senektik
3. Latihan
keradan
4. Pertemuan
kelas
c. Model
rumpun intraksi sosial
Model ini memutik pada
pengembangan kemampuan kerja sama pada siswa terdapat lima model pembelajaran.
1. Infestigasi
kelompok
2. Bermain
peran
3. Penelitian
yurisprodensial
4. Pelatihan
laboratoris
5. Penelitian
ilmu sosial
d. Rumpun
model sistem perilaku
Model ini memutuskan perhatian
pada perilaku yang terobservasi dan metode dan tugas yang di brikan dalam
rangka mengumunikasikan keberhasilan terdapa lima model pembelajaran.
1. Model
tuntas
2. Pembelajaran
langsung
3. Belajar
kontrol diri
4. Latihan
pengambangan ketrampilan dan konsep
5. Latihan
assertif
BAB III
KESIMPULAN
3.1.
Kesimpulan di atas dapat di simpulkan
strategi pembelajaran secara sederhana adalah pengelompokan suatu rangkaian
rencana kegiatan dalam pembelajaran sederhana.
Caesars Rewards - Casino Dealer Review
BalasHapusThe 나주 출장안마 Casino Dealer Review is a detailed 평택 출장샵 review by Caesars Rewards Casino Dealer, a casino website 익산 출장마사지 with live 성남 출장마사지 games, Rating: 2.7 · Review by Donnie Peters 남원 출장안마